Resep Bolu Kukus Gula Jawa Tanpa Mixer - Jadikan Hari Ini Lebih Manis!

Resep Bolu kukus gula merah snack mpasi 11MO+ oleh thyara Cookpad
Resep Bolu kukus gula merah snack mpasi 11MO+ oleh thyara Cookpad from cookpad.com

Harus diakui bahwa banyak orang yang tertarik untuk membuat kue tradisional. Namun, ketika datang kepada prosesnya, proses membuat kue tradisional ini seringkali memakan waktu dan juga memerlukan alat yang lebih khusus. Misalnya, ketika berbicara tentang membuat bolu kukus gula jawa, banyak orang yang memerlukan mixer untuk menggunakan bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung beras, dan juga gula jawa. Namun, kali ini kami akan membagikan sebuah resep bolu kukus gula jawa tanpa mixer. Jadi, jika Anda ingin membuat kue tradisional dan ingin menghemat waktu, maka resep ini bisa menjadi salah satu bentuk solusi. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai membuat resep bolu kukus gula jawa tanpa mixer.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Bolu Kukus Gula Jawa Tanpa Mixer

Untuk membuat bolu kukus gula jawa tanpa mixer, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan dasar saja. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini:

  • 1 cangkir tepung beras
  • 1 cangkir tepung terigu
  • 1 cangkir gula jawa
  • 1/2 cangkir minyak sayur
  • 1/2 cangkir air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 5 sdm air panas

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan di atas, maka Anda bisa mulai menyiapkan adonan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Membuat Bolu Kukus Gula Jawa Tanpa Mixer

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menimbang dan mencampur semua bahan-bahan yang dibutuhkan dalam satu wadah besar. Anda bisa menggunakan sendok kayu atau spatula untuk mencampur bahan-bahan tersebut. Setelah semua bahan tercampur rata, maka Anda bisa mulai menambahkan air panas sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi lebih lembut. Anda juga perlu memastikan bahwa adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer.

Setelah adonan siap, Anda bisa mulai menyalutnya dengan menggunakan loyang. Anda bisa menggunakan loyang berukuran 9x9 inci atau bahkan lebih besar, tergantung selera Anda. Setelah itu, Anda bisa menyalutnya dengan menggunakan tepung beras atau tepung terigu. Jika Anda ingin hasil akhir lebih lezat, maka Anda bisa menambahkan sedikit minyak sayur pada loyang Anda.

Setelah itu, Anda bisa memanggang adonan di atas api kecil. Anda bisa menggunakan wajan dengan tutup atau bahkan kukusan. Jika Anda menggunakan wajan dengan tutup, maka Anda bisa memanggangnya selama kurang lebih 20-30 menit. Namun, jika Anda ingin menggunakan kukusan, maka Anda bisa memanggangnya selama kurang lebih 45-60 menit.

Cara Memastikan Bolu Kukus Gula Jawa Tanpa Mixer Sudah Matang

Untuk memastikan bahwa bolu kukus gula jawa tanpa mixer sudah matang, Anda bisa menggunakan tusuk gigi. Caranya mudah, cukup sisipkan tusuk gigi ke bagian tengah bolu kukus gula jawa tanpa mixer. Jika tusuk gigi tersebut keluar bersih, maka berarti bolu kukus gula jawa tanpa mixer sudah matang dan siap untuk disajikan!

Penutup

Itulah cara membuat bolu kukus gula jawa tanpa mixer. Dengan resep ini, Anda bisa menikmati kue tradisional lezat tanpa harus memerlukan mixer. Selamat mencoba dan semoga Anda mendapatkan hasil yang maksimal!

Comments

Popular posts from this blog

Incredible Cara Mengolah Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Kolesterol References

Air Tanah – Pemahaman, Proses Terbentuk, Sumber, Jenis & Manfaat

Shrek the 3rd (2007)