Resep Gulai Putih, Makanan Khas Indonesia Yang Enak Dan Nikmat

Resep Gulai Manih/ Gulai Putih, Tidak Pedas Namun Menyegarkan
Resep Gulai Manih/ Gulai Putih, Tidak Pedas Namun Menyegarkan from www.saribundo.biz

Makanan khas Indonesia memiliki banyak ragam dan variasi. Salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal adalah gulai putih. Gulai putih adalah makanan yang terbuat dari bumbu rempah-rempah yang dihaluskan dan direbus bersama dengan daging, sayuran, dan santan. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan gurih, dan merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Berikut adalah resep gulai putih yang akan membuat anda tergila-gila dengan rasa lezatnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Gulai Putih

Untuk membuat gulai putih, anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut: 1/2 kg daging sapi (dipotong menjadi bagian-bagian kecil), 1 liter santan, 5 lembar daun salam, 5 biji cengkeh, 5 biji bunga lawang, 2 cm lengkuas, 1 batang sereh, 5 cm jahe, 5 cm kunyit, 5 cm kencur, 10 biji ketumbar, 5 biji bawang merah, 5 biji bawang putih, 2 buah tomat, dan garam secukupnya.

Cara Membuat Gulai Putih

Langkah pertama adalah untuk menghaluskan bumbu-bumbu rempah-rempah. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, kencur, dan cengkeh menggunakan blender. Setelah bumbu rempah-rempah halus, tumis bumbu tersebut bersama dengan daun salam dan batang sereh selama kurang lebih 5 menit. Tambahkan daging sapi yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu. Masak hingga daging sapi matang.

Setelah itu, tambahkan santan ke dalam tumisan bumbu dan daging. Masak hingga santan mendidih. Tambahkan tomat dan garam secukupnya. Masak hingga tomat matang dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan gulai putih yang lezat dan nikmat ini bersama dengan nasi putih.

Resep Gulai Putih ala Rumahan Nikmat dan Sehat

Anda dapat menambahkan sayuran ke dalam resep gulai putih untuk menambahkan rasa sehat dan nikmat. Anda dapat menambahkan potongan-potongan kentang, wortel, buncis, dan sayuran lainnya. Tambahkan sayuran tersebut ke dalam tumisan bumbu dan daging sapi, dan masak hingga sayuran matang. Sayuran akan menambahkan rasa gurih dan sehat ke dalam gulai putih.

Resep Gulai Putih ala Pedagang Jalanan

Selain resep gulai putih ala rumahan, anda juga dapat mencoba resep gulai putih ala pedagang jalanan. Resep ini memiliki rasa yang lebih gurih dan pedas. Anda dapat menambahkan cabai rawit, cabai merah, dan cabai hijau ke dalam tumisan bumbu dan daging sapi. Tambahkan juga 1/2 cangkir air asam jawa dan 1/2 cangkir gula pasir untuk memberikan rasa manis. Masak hingga bumbu meresap dan santan menyusut. Angkat dan sajikan gulai putih yang beraroma harum dan pedas ini bersama dengan nasi putih.

Itulah resep gulai putih yang enak dan nikmat. Anda dapat mencoba membuat gulai putih ini sesuai resep di atas atau menambahkan bumbu-bumbu lain untuk membuat gulai putih dengan rasa yang berbeda. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Incredible Cara Mengolah Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Kolesterol References

Air Tanah – Pemahaman, Proses Terbentuk, Sumber, Jenis & Manfaat

Shrek the 3rd (2007)